Rabu, 26 Januari 2011

Melatih Sikap Positif

Sikap positif, perasaan positif, 'senses', rasa dan sikap kita sebenarnya adalah sesuatu yang bisa dilatih. Sesuatu hal seperti kemampuan olah raga kita: golf, badminton, tenis dan lainnya. Semuanya bisa kita dapatkan dengan sering berlatih. Karena semua hal dalam kehidupan sebenarnya bisa dilatih dan dijadikan kebiasaan kita.

Jadi seharusnya kita mampu mengurangi bahkan menghilangkan perasaan dan sikap yang negatif dalam kehidupan kita. Seperti perasaan merasa kurang beruntung, nervous, perasaan takut ditolak waktu menawarkan penjualan barang, misal. Juga sikap yang suka menunda pekerjaan, "Besok saja deh, atau besok lusa saja kan masih bisa" atau perasaan ragu-ragu, "Saya kerjakan apa tidak ya, saya kerjakan apa tidak ya...". Dan perasaan inferior tidak mampu, "Wah celaka, saya bakal tidak bisa mengerjakan ini". Serta perasaan-perasaan negatif lainnya.

Memang sekali-kali dalam kondisi tertentu, perasaan tersebut tetap kita butuhkan. Tetapi umumnya perasaan-perasaan negatif tersebut hanyalah menjadi kerugian bagi kita. Sehingga kita harus mengurangi atau menghilangkannya dalam kehidupan kita. Dan digantikan oleh perasaan-perasaan yang positif misalkan: keberanian, optimis bisa, " Ayo-ayo! Yes! Kita bisa lakukan dan selesai malam ini". Atau "Harus menang, harus berani, pasti bisa kita lakukan", "Hari ini hari yang cerah, hari yang penuh semangat, saya pasti berhasil". Atau adanya perasaan bahwa kita hidup penuh dengan dinaungi keberuntungan.

Semua itu adalah perasaan yang positif. Perasaan tersebut haruslah kita bina. Karenanya untuk mendapatkannya, kita harus melatihnya. Untuk itu kadang kita membiasakan diri kita sedikit demi sedikit. Misalkan secara sadar setiap malam atau setiap pagi sesaat setelah bangun, melakukan kebiasaan menulis 'sikap yang positif apa yang akan dilakukan hari ini'. Tak perlu detil dan panjang, ringkas saja cukup 5 menit melakukannya. Atau menulis 'apa yang membuat saya bahagia nanti malam atau besok pagi', bisa pula menulis 'hal-hal apa yang menguntungkan dalam perjalanan kehidupan saya'.Lalu lakukan apa yang akan membuat anda merasa positip itu dalam kehidupan anda.

Nah, kalau kita bisa membina sikap-sikap positif ini dan menjadikan kebiasaan maka niscaya akan menjadi lebih dekat lagi dengan kesuksesan kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar